ImHalal, Mesin Pencari yang Islami

Sebuah mesin pencari baru bernama ImHalal, hadir untuk membantu umat Muslim menghindari situs-situs berisi konten terlarang.

Mesin pencari ini memang sengaja diluncurkan agar umat Muslim bisa leluasa mengakses internet tanpa takut terhadang konten yang dilarang atau disebut “haram” sesuai dengan pertimbangan hukum Islam.

Situs yang beralamat di www.ImHalal.com ini hanya menampilkan hasil pencarian yang termasuk dalam kategori halal dan aman bagi pengguna Muslim.

“Sesuai namanya, ImHalal dijamin halal bagi para peselancar dunia maya yang menganut ajaran Islam,” tegas pendiri Im Halal. com, Reza Sardeha, seperti dilansir dari HuffingtonPost, Rabu (2/9).

“Kami telah memblokir semua konten seksual. Kami juga telah berbincang dengan para ulama untuk menentukan mana yang haram dan mana yang tidak,” sebut Reza.

Namun, ia menegaskan, ImHalal.com bukan situs diktator dan akan tetap memungkinkan setiap pengguna meneruskan pencarian onlinenya.

Reza Sardeha juga menyebutkan, dia mendapatkan ide untuk membuat situs ini setelah mendengar keluhan temannya karena situs pencarian popular yang ada saat ini menampilkan konten dari sebuah keyword dengan sangat jelas. Alhasil, dalam hasil pencarian pun turut tampil konten-konten terlarang yang tak bisa dihindari oleh pengguna.

“ImHalal bukanlah situs yang bersifat mendikte atau situs penyensoran. Kami hanya ingin agar pengguna bisa melanjutkan pencarian online mereka tanpa khawatir terjebak mengakses konten-konten yang tidak mereka inginkan,” tambahnya.

Cara kerja ImHalal menggunakan dua sistem berlapis. Pertama, mesin pencarian akan menganalisa konten yang akan diambil dari semua situs dan menyeleksinya. Kedua, konten terlarang tidak akan diikutkan dalam situs pencarian. Ketika seseorang mengetikkan keyword yang menuju akses ke situs tersebut maka akan ada peringatan tingkat haram dan saran untuk tidak berusaha mengaksesnya.

Ke depan, ImHalal juga akan menyajikan hal-hal lain yang tak kalah bermanfaatnya bagi umat Muslim. Salah satunya, menambahkan widget untuk penanda waktu shalat, serta kutipan-kutipan yang diambil dari ayat suci Al Quran. Berbekal sejumlah kemewahan tersebut, tidak menutup kemungkinan layanan besutan AZS Media Group LTD, Belanda, itu menerobos dominasi mesin pencari “raksasa” lain. Soalnya, populasi umat Islam di dunia lumayan besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: