Mobil Tenaga Surya Pertama Palestina, Dirakit di Tengah Konflik

Tiga mahasiswa Palestina berhasil merakit sebuah mobil bertenaga surya. Keberhasilan menciptakan mobil bertenaga surya dengan anggaran terbatas merupakan prestasi luar biasa bagi mahasiswa di kawasan konflik seperti Palestina.

Kendaraan berwarna putih yang dilengkapi dengan panel solar tersebut dirakit oleh tiga mahasiswa teknik di Universitas Politeknik Palestina di kota Hebron, Tepi Barat. Mobil itu bisa melaju hingga kecepatan sekitar 30 kilometer per jam.

Tiga mahasiswa perancangnya memerlukan waktu tiga bulan untuk merancang dan merakit mobil, dengan anggaran dan sumber daya terbatas. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin elektronik berkapasitas 2 bph bertenaga baterai yang menyimpan energi dari panel surya di atap mobil.

Selain memanfaatkan energi surya, baterai tersebut bisa diisi ulang menggunakan peralatan elektronik bila cuaca mendung. Mobil ini dirakit sebagai bagian dari proyek pengembangan sumber energi terbarukan untuk mengurangi polusi di kawasan Palestina.

“Kami tidak punya industri, jadi hampir semua polusi kami berasal dari kendaraan,” kata Dr. Zahdi Salhab, direktur departemen teknik mesin di Hebron. Dia berharap proyek ini akan menarik donasi untuk membiayai pengembangan mobil serupa sehingga warga di Tepi Barat bisa menggunakannya.

“Butuh biaya sekitar US$4 ribu untuk merakitnya, tapi kami akan membutuhkan dua kali lipatnya agar bisa membuat mobil sebenarnya, yang lebih baik, lebih cepat, dan bisa dikemudikan di semua kondisi,” kata Salhab pada surat kabar The Guardian, akhir pekan lalu.

Sumber :Vivanews

9 Tanggapan

  1. wow, great, nice article..:)

  2. ini dia blog nya empu saman UI
    numpang kopas link blognya da😀

    \
    Haha..
    Oke..
    Waduh, blog ente isinya banyak banget, bahasa inggris lagi.. 😮

    • hah serius, salah alamat kali Ha… mudahan besok kyk gitu ya amin buat blog salah satu rencananya ya buat belajr bahasa inggris da, biar tgl minta koreksi ank2 yg jago b ingggris😀

  3. waw,,
    hebat bisa merancang mobil,
    & dengan energi yg ada,
    tapi waktunya itu yang gax tepat,
    masa orang lain sedang mengalami kesulitan
    malah merancang alat,..???

    • untuk belajar…..dan menemukan sesuatu…kapanpun dalam suasana apapun selagi bisa…sesuai dg kemampuan kita, tentara biar perang…dokter dan ahli medis bekerja sesuai dg keahlianyan …demikian jg ilmuwan…tidak harus ikut perang semuanya.

  4. Fantastis …

    Semangat terus untuk berkreativitas🙂

  5. good…nice article

  6. wah nice banget tuh mobil, coba punya satu di rumah.. hehehe

  7. wah mobil nya canggih bangett

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: